Belajar Menjadi Orang Tua yang Berperan Penting Bagi Perkembangan Anak di Era Digital

Belajar Menjadi Orang Tua yang Berperan Penting Bagi Perkembangan Anak di Era Digital

Peranan Orangtua bagi Perkembangan Anak di Era Digital – Setelah menikah banyak sekali hal yang perlu dan wajib kita pelajari dalam hidup ini. Gak melulu hanya urusan atau kepentingan pribadi aja, semua aspek dalam kehidupan berumah tangga harus dipikirkan. Termasuk dalam merawat dan mendidik anak cucu kita nantinya.

Memang benar dalam hidup ini yang namanya belajar itu gak akan pernah ada kata habis, selama kita masih bisa bernafas jangan pernah ada kata lelah untuk belajar. Ketika memutuskan untuk menikah pun aku sudah banyak mempersiapkan dan belajar sebanyak mungkin semua tentang kehidupan rumah tangga. Tapi ketika kita sudah mengalaminya secara langsung, ternyata masih banyak hal yang belum aku fahami dan aku belajar banyak hal.

Untuk mempersiapkan diri menjadi orang tua pun, banyak sekali yang harus aku pelajari. Apalagi di era digital seperti sekarang ini. Berbeda dengan jaman kita kecil dulu ya, yang masih asing dengan kata gadget. Jaman sekarang berkat kemajuan teknologi, gadget sudah menjadi salah satu hal yang gak bisa terlepas dari kehidupan kita sehari-hari.

Jaman sekarang apa-apa semua serba online, gadget sudah seperti soulmate kita ya, bisa 1×24 jam deh gadet gak pernah lepas dari kegiatan kita sehari-hari. Apalagi bagi orang yang punya pekerjaan seperti aku yang memang pekerjaannya sebagian besar harus menggunakan gadget.

Apa jadinya nih nanti kalau anak-anak kita nantinya juga gak bisa lepas dari gadget, karena melihat dan mencontoh kita orang dewasa? Meskipun sebenarnya kita menggunakan gadget hanya untuk kepentingan pekerjaan, tetapi anak-anak gak akan mengerti, mereka hanya akan mengikuti apa yang mereka lihat. Gak mau kan kalau anak-anak kita nantinya kecanduan gadget, dan kita juga gak bisa dengan mudahnya melarang mereka bermain dengan gadet sementara kita juga gak bisa lepas dari si gadget itu sendiri. Duh bikin galau ya!

Peranan Orang Tua Dalam Pengaruh Gadget di Era Digital

Nah beruntung sekali, hari minggu kemarin aku bisa belajar langsung dengan seorang psikolog anak yaitu Ibu RR Finandita Utari, M.Psi., Psikolog., CTC., CGA. Beliau adalah psikolog, konsultan pendidikan, member terapis perilaku (ABA-Australia) sekaligus ibu dari 3 orang anak.

Aku mendapatkan kesempatan belajar bersama ibu Utari di acarata talk show bersama Srikandi Muslimahpreneur Comunity dan Indonesian Social blogpreneur di minggu pagi yang cerah bertempat di Toyota Trust Bintaro Tangerang Selatan bersama beberapa teman-teman blogger dan para peserta yang lain.

Dalam acara talk show tersebut, ibu Utari sahring banyak sekali ilmu yang sangat bermanfaat buat aku nantinya dalam mendidik anak di era digital seperti ini. Beliau juga memaparkan dampak positif dan negatif dalam penggunaan gadget bagi perkembangan anak-anak.

Selain itu, beliau juga mengajarkan bagaimana cara mengolah management waktu yang baik dengan anak, kemudian mengatasi masalah gadget pada anak, dan menjadi orang tua yang cerdas mendidik anak di era digital seperti sekarang ini.

Beberapa dampak positif dan negatif pengaruh gadget terhadap perkembangan anak beliau paparkan seperti berikut ini :

  1. Menunjang materi belajar (jika digunakan secara bijak).
  2. Tergabung dengan koneksi / jaringan minat / hobi yang sama.
  3. Akses informasi yang positif (beasiswa, materi ajar, program amal, kegiatan sosial).
  4. Mempelajari teknologi baru.

Selain itu beberapa dampak negatifnya seperti yang sering kita jumpai bahkan dilingkungan terdekat kita saat ini, banyak anak-anak yang kecanduan dengan gadget mengalami banyak hambatan dalam tumbuh kembangnya. Beberapa diantaranya seperti :

  1. Anak jadi memiliki sifat mudah tidak sabar.
  2. Bisa berkurangnya kemampuan anak dalam hal membaca.
  3. Gangguan perkembangan otot, sampai mengalami obesitas  atau malnutrisi,
  4. gangguan stress pada anak.
  5. Menurunnya nilai pelajaran dan potensi melakukan kecurangan akademik.
  6. Kesepian, depresi, gangguan mental.
  7. Bullying sampai pelecehan secara online.

Jika anak-anak sudah terlanjur kecanduan dengan gadget maka perkembangan anak akan banyak sekali yang terganggu. Maka dari itu kita sebagai orang tua harus bisa menjaga masa pertumbuhan mereka dengan baik. Dengan mengawasi dan tentunya mengajari atau mengedukasi anak-anak kita dalam penggunaan gadget dengan baik, sebenarnya akan banyak dampak positif yang didapatkan anak-anak seperti poin-poin yang disebutkan Ibu Utari di atas. Didukung dengan kita sebagai orang tua harus dapat memberikan contoh teladan pada mereka.

Memanfaatkan Gadget dan Teknologi Untuk Kegiatan Positif

Jadi sebenarnya nih jangan dulu takut deh dengan pesatnya perkembangan teknologi, atau ngeri duluan karena melihat banyaknya dampak negatif dari penggunaan gadget yang sering terjadi. Meskipun kita tahu banyak sekali yang justru terjerumus dengan kemajuan teknologi ini, tapi ada banyak juga yang bisa sukses memanfaatkan teknologi untuk dalam kehidupannya sehari-hari. Maka dari itu peran kita sangat penting sebagai orang tua dalam perkembangan anak di era digital ini.

Peranan Orangtua bagi Perkembangan Anak di Era Digital

Nah dilanjutkan dengan nara sumber berikutnya yaitu Bapak H. Budi Suhendrio, seorang muslimpreneur dan CEO dari Az-Zahra Honey Premium. Yang ternyata beliau sukses memanfaatkan gadget dan teknologi di jaman sekarang ini untuk berbisnis.

Beliau memulai usahanya diawali hanya dengan memanfaatkan gadget. Bapak H. Budi Suhendro ikut sharing mengenai pengalamannya merintis usaha Az-Zahra Honey Premium dengan memasarkannya secara online. Memanfaatkan gadget seperti smartphone lewat aplikasi whatapp grup, sosial media seperti facebook dan instagram, beliau sukses membesarkan usahanya hingga sekarang ini sudah beromset ratusan juta rupiah.

Produk Az-Zahra Honey Premium ini merupakan salah satu produk yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, tutur Bapak H. Budi Suhendro. Az-Zahra Honey Premium ini bukan seperti madu biasa pada umumnya, mengandung 4 komponen lebah dalam satu produk, seperti propolis, bee pollen, dan royal jelly, serta madu murni.

Seperti yang kita ketahui manfaat dari madu sangat baik untuk menjaga kesehatan, apalagi ditambah manfaat dari propolis, bee pollen, dan royal jelly dalam satu kemasan. Menjadikan produk Az-Zahra Honey Premium ini sangat praktis karena hanya dalam satu produk saja kita bisa mendapatkan sekaligus banyak manfaat.

Peranan Orangtua bagi Perkembangan Anak di Era Digital

Selain itu Az-Zahra Honey Premium juga berinovasi dengan mengeluarkan produk perawatan kulit yang terbuat dari madu yaitu face scrub. Bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit agar kulit menjadi sehat halus dan terlihat glowing. Produk ini Az-Zahra Honey Premium ini juga sudah berlabel halal dengan harga jual 150 ribu rupiah, dan juga membuka kesempatan untuk menjadi reseller.

Yuk kita manfaatkan teknologi yang berkembang pesat di era digital ini dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat, alhamdulillah banyak ilmu yang aku dapatkan dari acara talkshow kemarin untuk bekal aku nantinya menjadi orang tua yang bisa mendidik dan mendukung perkembangan anak di era digital.

Peranan Orangtua bagi Perkembangan Anak di Era Digital

 

1 thought on “Belajar Menjadi Orang Tua yang Berperan Penting Bagi Perkembangan Anak di Era Digital”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *