Women Talk Bersama Futri Zulya, Seorang Womenpreneur yang Sukses Membangun Bisnisnya dari Nol

Women Talk Bersama Futri Zulya, Seorang Womenpreneur yang Sukses Membangun Bisnisnya dari Nol

Women Talk Bersama Futri Zulya, Seorang Womenpreneur yang Sukses Mengelola Bisnisnya dari Nol – Aku itu bukan dari keturunan keluarga yang terbiasa dengan berbisnis, almarhum bapak seorang pegawai negeri sipil yang setiap bulannya mendapatkan gaji tetap dan mama adalah seorang ibu rumah tangga yang mengabdikan seluruh hidupnya untuk mengurus kami di rumah.

Meskipun begitu, sebenarnya sejak kecil aku sepertinya punya minat dalam hal berbisnis loh hehe. Namanya anak kecil ya dulu bisnis ala anak-anak juga, contohnya menjual hasil crafting dari kain flanel seperti tempat pensil, peniti bros, magnet kulkas, asesori gelang yang aku anyam dari benang wol, dan lain-lain ke teman-teman sekolahku.

Terus aku juga ingat sempat menjual gambar karyaku untuk diwarnai di kertas hvs putih kemudian aku meminta bapak untuk memfotocopy gambar tersebut jadi banyak, dan aku jual ke teman-teman di kelas pada saat kelas 2 sekolah dasar. Kalau diingat-ingat lagi ternyata aku versi anak-anak ini kreatif juga ya, bisa terfikirkan bisnis macam-macam untuk mendapatkan untung sebesar-besarnya dengan modal seminim-minimnya wkwk.

Kalau diingat-ingat lagi, banyak sekali memori pahit manis aku sejak kecil sampai dewasa seperti sekarang ini melalui berbagai macam pengalaman berbisnis. Bahkan saat kuliah dulu aku sempat punya online shop yang khusus menjual baju-baju import dan berjalan sekitar 2-3 tahun. Membuat aku yang dulu cuma mahasiswa biasa tapi bisa bebas untuk jajan dan membeli barang-barang yang aku mau dengan menggunakan uang sendiri saat kuliah.

Sebenarnya gak nyangka juga sih, aku pernah berada di titik tersebut, meskipun dulu juga gak sukses-sukses banget tapi ya alhamdulillah lah ya setidaknya punya pengalaman berharga sempat merasakan jatuh bangunnya berbisnis. Hasrat untuk berbisnis dan menjadi enterpreneur sebenarnya selalu dan masih aku impikan sampai sekarang. Dan mulai tahun ini pun aku sudah berani meninggalkan zona nyamanku loh sebagai seorang pekerja kantoran. Aku memutuskan untuk resign dan fokus mengerjakan passion yang aku suka selain memasak, yaitu menjadi seorang full time blogger *keprokin yang rame dong 😀

Beruntung banget kemarin aku mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sebuah acara bersama Indonesian Social Blogpreneur, yang bertajuk Women Talk : How To Start Your Bussiness with Futri Zulya. Mbak Futri Zulya ini adalah seorang Womenpreneur yang sukses membangun bisnisnya dari nol hingga besar seperti sekarang ini.

Women Talk Bersama Futri Zulya

Acara yang dihadiri seluruhnya oleh wanita ini tepatnya diadakan pada hari kamis pagi tanggal 20 September 2018 di daerah Kemang Jakarta. Dengan dekorasi berwarna white & gold lengkap dengan dress code kami semua yang hadir dengan warna serupa, membuat suasana acara semakin cantik dan elegan. Aku selalu suka deh menghadiri acara-acara yang dipersiapkan khusus untuk wanita seperti ini.

Acara women talk ini mengusung tema bagaimana menjadi seorang wanita yang bisa mengurus keluarga dan juga sukses dalam berbisnis sesuai dengan passionnya. Rasa-rasanya pas sekali dengan tujuan dan impian para wanita di jaman modern seperti sekarang ini ya kan? Bisa tetap menjadi istri dan ibu yang dicintai keluarganya namun tetap bisa mencapai segala impiannya.

Sumber : Indonesian Social Blogpreneur

Mbak Futri Zulya merupakan sosok yang bisa dibilang sukses sebagai seorang womenpreneur. Beliau adalah SEO dan Founder dari PT. Batin Medika Indonesia, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kesehatan dan kecantikan. Selain itu mbak Futri juga memiliki beberapa bidang usaha lain seperti brand fashion busana muslim dan lain sebagainya.

Bisa terbayang kan bagaimana sibuknya mbak Futri mengatur semua bisnisnya tapi tetap bisa menjalankan perannya sebagai seorang istri dan ibu dari kedua putra dan putrinya. Jujur aku kagum sekali dengan mbak Futri, semoga akupun bisa sukses menjadi seorang womenpreneur seperti beliau.

Tips Menjadi Womenpreneur dari Futri Zulya

Pada saat acara women talk kemarin, banyak banget ilmu dan tips yang aku dapat dari mbak Futri. Bagaimana ia memulai bisnisnya, mengatur keuangan bisnis dan keuangan rumah tangganya, kemudian merintis usahanya hingga besar seperti sekarang ini.

Ada quote dari mbak Futri yang aku suka sekali, kalimatnya seperti ini “Success is no accident. It is hard work, perseverance, learning, studying, sacrifice, and most of all, love what are you doing”

Nah beberapa point penting yang aku dapatkan dari mbak Futri pada saat talk show kemarin, bagaimana caranya beliau memulai dan mengelola bisnisnya hingga bisa menjadi seorang womenpreneur seperti sekarang ini yaitu diantaranya :

  1. Menemukan passion diri. Yang pertama harus kita lakukan yaitu menemukan passion apa sih yang sebenarnya benar-benar kita banget. Kemudian sesuaikan dengan peluang bisnis yang ada, lalu lakukan riset mengenai bagaimana caranya memulai bisnis tersebut. Banyak cara misalnya melalui browsing, networking dan juga banyak membaca buku start up bisnis.
    Seperti yang dilakukan mbak mbak Futri saat awal mula memulai bisnisnya. ia memang sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan dan kecantikan dan akhirnya merintis usahanya tersebut dengan membuka klinik kecantikan Z Beauty yang termasuk di dalam PT. Batin Medika Indonesia.
  2. Support system dan tentukan prioritas. Terkadang kita sebagai wanita merasa bisa melakukan dan mengerjakan semuanya senditrian. Tapi sebaiknya agar bisnis berjalan dengan lancar, support system merupakan hal yang sangat penting menurut mbak Futri Zulya.
    Contohnya dukungan dari suami, anak, keluarga dan juga asisten rumah tangga merupakan faktor yang sangat penting. Sehingga kita bisa mengatur waktu dan kegiatan dalam bisnis dan rumah tangga dengan seimbang. Hal tersebut juga membuat kita lebih mudah dalam menentukan prioritas.

  3. Membuat Business Planning dan lakukan research mengenai perencanaan bisnis tersebut. Nah setelah menentukan bisnis apa yang ingin kita rintis, saatnya membuat planning atau perencanaan bisnis yang jelas. Awali dengan melakukan banyak research mengenai bisnis yang akan kita kelola tersebut.
  4. Eksekusi. Ini nih hal yang paling penting, semua point di atas gak akan ada gunanya kalau kita gak segera memulai. Dalam hal bisnis, eksekusi adalah point utama yang menentukan kesuksesan proses bisnis kita. Bayangkan aja, gimana mau sukses kalau memulai aja belum dilaksanakan. ya kan? hehe.
  5. Lakukan Inovasi dan mengikuti trend pasar yang berkembang. Kita harus bisa melakukan inovasi terhadap bisnis yang kita jalankan sesuai dengan perkembangan jaman.Di era milenial seperti sekarang ini yang serba online, manfaatkan sebaik-baiknya teknologi yang berkembang pesat saat ini untuk mendukung bisnis kita. Contohnya seperti yang dilakukan mbak Futri Zulya dengan merambah bisnisnya lewat online juga.
  6. Pisahkan pengelolaan keuangan bisnis dan rumah tangga. Satu lagi nih hal penting yang sering luput dari para wanita yang ingin menjadi womenpreneur sukses. Terkadang kita masih mencampur adukan keuangan bisnis kita dengan keuangan rumah tangga. Meskipun bisnis atau usaha kita masih skala kecil, sebaiknya pengelolaan keuangan untuk bisnis diatur secara profesional jangan sampai tercampur aduk dengan keuangan rumah tangga atau pribadi.

Itu dia beberapa poin yang mungkin bisa aku share juga lewat ulasan cantik kali ini, oleh-oleh dari acara women talk bersama mbak Futri Zulya dan Indonesian Social Blogpreneur yang bisa aku bagikan di sini. Semoga bisa bermanfaat buat teman-teman semua yang kebetulan mampir di sini, dan juga sebagai pengingat untuk aku pribadi yang sedang mulai merintis usaha agar bisa menajdi seorang womenpreneur yang sukses. Doakan ya manteman! 🙂

3 thoughts on “Women Talk Bersama Futri Zulya, Seorang Womenpreneur yang Sukses Membangun Bisnisnya dari Nol”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *