Mau Liburan ke Jakarta? Yuk Wisata Walking Tour ke Kota Tua

Mau Liburan ke Jakarta? Yuk Wisata Walking Tour ke Kota Tua

Mau Liburan ke Jakarta? Yuk Wisata Walking Tour ke Kota Tua – Musim liburan telah tiba nih, biasanya kalau sudah memasuki bulan-bulan yang berakhiran -er seperti bulan Oktober, november, dan desember seperti sekarang ini sudah banyak yang punya rencana untuk liburan menjelang akhir tahun.

Akupun sama banyak banget rencana liburan yang rasanya pengen segera aku lakukan satu persatu. dari mulai keinginan untuk jalan-jalan ke luar kota, ke luar negeri, atau sekedar staycation dan jalan-jalan keliling kota udah bikin happy sih sebenarnya, yang penting kan judulnya liburan ya hehe.

Sebenarnya nih ya, dari pada kebanyakan rencana liburan tapi ternyata gak ada yang jadi-jadi karena gak dapat cuti, atau duit tabungan masih kurang, dan masih banyak alasan yang lainnya. Kita bisa loh rencanain liburan ke jakarta aja, gak usah yang jauh-jauh dulu deh di Jakarta sendiri masih banyak banget wisata yang bisa kita eksplore.

Atau nih buat kamu yang lagi ada rencana mau ke ibukota dan bingun mau main ke mana, atau kamu yang justru anak ibukota yang lagi mumet sama ruwetnya aktifitas di Jakarta dan pengen banget bisa liburan yang gak bikin kantong bolong, aku mau kasih tau nih ada wisata yang cocok buat kamu yang lagi pengen liburan tentunya dengan budget hemat.

Wisata Walking Tour ke Kota Tua

Yups salah satu spot wisata di Jakarta yang bisa kita kunjungi salah satunya adalah kawasan wisata Kota Tua. Gak cuma bisa main-main ke museumnya aja, di sana juga banyak banget restoran-restoran atau cafe-cafe kece yang bisa kita kunjungi. Foto-foto di spot-spot menarik sambil main sepeda juga asik deh.

Tapi tunggu dulu, kalau cuma sekedar main ke Kota Tua seperti itu kan sudah biasa banget ya. Aku mau ceritain nih pengalaman aku beberapa waktu yang lalu ikutan wisata walking tour ke Kota Tua bersama Komunitas Jakarta Walking Tour yang seru banget. Nah menariknya di sini nih, walking tour tersebut memiliki rute yang asik dan seru. Sebenarnya ada banyak rute walking tour di Jakarta yang bisa kita pilih, dan kebetulan aku mencoba ikut di rute Kota Tua.

Pengalaman pertama aku mengikuti kegiatan walking tour ini sangat mengesankan, ternyata cukup di Jakarta aja gak perlu jauh-jauh aku bisa merasakan berpetualang menyusuri sudut-sudut kota Jakarta yang menarik untuk di datangi.

Untuk rute Kota Tua yang aku pilih ini, perjalanan dimulai dari Stasiun kota, kemudian menuju Pelabuhan sunda kelapa, lanjut ke museum bahari, voc, jembatan kota intan, dan yang lainnya sampai perjalanan finish di kota tua.

Kegiatan walking tour ini biasanya dilakukan berkelompok, berkat ikut walking tour ini aku juga jadi tambah teman-teman baru nih dari berbagai negara. Kebetulan kemarin menjelajah ibu kota bersama dua orang teman dari Jepang, dua teman lagi dari Pilipina, dan 3 orang teman blogger yang kece-kece dari Indonesia dong tentunya. Oh iya hapir lupa satu orang lagi Mas Handa yang menjadi pemandu wisata kelompok kami saat itu.

Naik perahu di Pelabuhan Sunda Kelapa sampai menikmati Jamu di Cafe kekinian.

Terus nih ya, walking tour ini juga gak cuma jalan kaki aja. Ketika sampai di Pelabuhan Sunda Kelapa, rombongan kami juga mencoba untuk merasakan naik perahu bersama para nelayan di sana. Jadi di Pelabuhan Sunda Kelapa juga terbuka untuk turis yang memang mau mengeksplor pelabuhan tersebut.

Setiap sudut yang kita datangi semua dijelaskan secara detail oleh Mas Handa, berkat ikutan walking tour seperti ini aku beneran jadi nambah banyak pengetahuan baru loh mengenai ibukota tercinta ini. Mulai dari bangunan-bangunan bersejarah, restoran-restoran yang jadi legenda, terus bisa ketemu lokasi-lokasi yang ciamik untuk berfoto, dan melewati kawasan yang keren dengan gambar-gambar karikaturnya.

Perjalanan walking tour tersebut di akhiri di kawasan Kota Tua, kalau di sana sudah gak perlu di ceritain lagi deh banyak banget yang bisa kita nikmati. Salah satunya nih, kami juga diajak mengunjungi sebuah cafe unik namanya Acaraki. Cafe ini berada di dalam kawasan kota tua beretempat di bangunan-bangunan yang khas bersejarah. Kenapa aku bilang unik, karena nih ya ternyata cafe ini bukan menyajikan kopi melainkan menyajikan jamu, minuman tradisional khas Indonesia.

Setelah berlelah-lelah berjalan kaki menyusuri kota Jakarta, nikmat banget deh bersantai sambil minum jamu di sana. Pengalaman liburan tersebut sangat mengesankan juga buatku. Kamu nih yang pengen refreshing dan melepas penat, bisa loh liburan ke Jakarta wisata walking tour ke kota tua. 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *